PANTAI PUTIH TUJUAN WISATAWAN DATANG KE BALI

Pantai berpasir putih di Bali adalah tempat favorit bagi keluarga yang sedang berlibur. Ada berbagai olahraga air yang tersedia, seperti banana boat, parasailing, jet skiing, berenang atau hanya sunbathing. menyambangi pulau-pulau di sekitar Bali, naik kapal selam dan melihat kehidupan bawah laut dari dalam kapal selam yang aman. Pantai yang paling terkenal di Bali adalah Pantai Kuta, sebuah tempat terbaik untuk melihat sunset 
yang dramatis dan memesona. Di sepanjang pantai ini berderet hotel-hotel, mulai dari hotel bintang lima sampai homestay, restoran, toko, dan kafe. Sementara malam hari kawasan ini mulai meriah dengan beragam club malam dan bar.

Apabila Anda lebih memilih menikmati malam yang tenang, pergilah ke Jimbaran, tempat yang terkenal dengan barbeque seafood saat malam hari sambil melihat dari kejauhan pesawat yang mendarat dan take off dari bandara Ngurah Rai. Di sini Terletak hotel-hotel terbaik di Bali seperti Four Season dan Bali Intercontinental hotel. Jimbaran juga terkenal dengan tari Barongnya.

Ke sebelah barat Kuta terdapat Legian dan Seminyak. Di sisi lain semenanjung terdapat Pantai Sanur yang juga merupakan tempat berjamurnya hotel dan restoran. Ada juga Nusa Dua jika Anda lebih memilih pantai-pantai yang lebih sepi dan menghadap ke hotel-hotel mewah.
  • Surfing dan Diving di Bali
Start point bagi para peselancar biasanya di Pantai Kuta. Namun, ombak  terbaik di Bali ada di Uluwatu, bagian paling selatan Pulau Bali, tempat yang sering dijadikan ajang kompetisi selancar internasional. Waktu untuk berselancar terbaik adalah bulan April hingga September ketika angin bertiup ke tenggara.

Para peselancar juga menyukai ombak di Nusa Lembongan dekat Nusa Penida, pulau yang berada di tenggara Bali dan menghadap ke Samudera Hindia. Pulau-pulau ini berjarak 45 menit dengan menggunakan perahu dari Nusa Dua atau Sanur. Di sini ombaknya dikenal dengan Playground Surf Break, Shipwreck Surf Break, Ceningan Reef Surf Break sampai Lacerating Surf Break.

Di Nusa Penida, arus ombaknya kuat karena selat ini memisahkan Bali dari Lombok. Di bagian barat daya Nusa Penida terdapat Manta Point dan Malibu Point tempat bagi penyelam untuk berenang bersama Travally, big rays, dan bahkan hiu. Di Blue CornerAnda bisa menemukan ikan Moia
Moia
. Di ujung paling timur Bali terdapat Padang Bay dan Cemeluk, yang lebih dikenal dengan Pantai Amed yang sangat cocok untuk diving, di tempat ini Anda akan disapa oleh cardinal fish, black snappers, dan damsel fish.

Sementara di pesisir barat-utara Bali di Taman Nasional Bali Barat, spot diving terbaik ada di Menjangan dengan karang yang datar, reruntuhan jangkar, taman belut, dan gua-gua untuk dijelajah. Dekat dan masih di Taman Bali Barat, Anda dapat klik linkini. (Peringatan: link ini mengarah ke tempat lain di Indonesia). Untuk informasi lebih global tentang diving di Indonesia, Anda dapat melihat destinasi diving lainatau unduh booklet di PDF.
  • Arung Jeram, Bersepeda, dan Eko-tur
Bali mengajak Anda untuk memompa adrenalin dengan arung jeram menuruni Sungai Ayung yang spektakuler di Ubud. Di sini Anda juga bisa bermain bungy jumping dari atas tebing yang tinggi hinga hampir menyentuh sungai.

Jika Anda senang bersepeda, Ubud dan sekelilingnya adalah kota yang indah untuk bersepeda, seperti dalam film “Eat, Pray, Love”. Ada juga jalan setapak untuk bersepeda di Uluwatu bagian selatan. Pendaki gunung akan suka mendaki Gunung Agung. Mulailah pendakian dari belakang pura atau melalui desa Sebudi. Namun, pastikan untuk meminta izin terlebih dahulu dari petugas pura, karena agama di Bali melarang seseorang berdiri lebih tinggi dari pada pura terutama ketika upacara sedang berlangsung. Pendaki yang berpengalaman menghabiskan waktu 6 sampai 8 jam dan Anda disarankan untuk memulai pendakian pada pagi hari dan dikawal oleh pemandu yang berpengalaman.
  • Taman Nasional Bali Barat
Bagi Anda yang menyenangi trekking, bertandanglah ke Taman Nasional Bali Barat. Taman nasional ini seluas 76.312 hektar, berada di kabupaten Jembrana dan Buleleng. Memasuki sisi Jembrana di Melaya dekat dengan jalan tol Denpasar-Gilimanuk. Taman nasional ini menawarkan alam tropis yang masih alami dan merupakan rumah bagi burung beo yang langka yang masih tersisa seratusan ekor. Burung ini berwarna putih yang nan cantik, dengan ujung sayap berwarna hitam dan garis biru disekitar matanya. Di sini juga terdapat Javan buffalo atau banteng yang langka, dengan 30 sampai 40 ekor yang masih tersisa di kedalaman hutan. Hewan lain yang ada di sini antara lain, rusa, kancil, macan tutul, musang, beruk, dan beberapa jenis kera lainnya.

Pengunjung yang ingin ke Bali Barat harus mendapatkan izin terlebih dahulu yang bisa didapatkan secara gratis di Cekik, Labuhan Lalang atau di kantor Kementerian Kehutanan di Renon, Denpasar. Meskipun di sini terdapat tempat perlindungan, paratrekker harus membawa alas tidur mereka sendiri, lotion anti nyamuk, makanan, air dan perlengkapan lainnya. Ada hotel sederhana tersedia di Labuhan Lalang atau di Gilimanuk dan Negara.
  • Tur Mangrove Benoa
Eko-wisata lain yang menarik adalah wisata ke hutan mangrove atau bakau melalui jalan setapak menanjak yang terbuat dari kayu. Hutan ini terletak di dekat Pelabuhan Benoa di Suwung Kau, sekitar 21 km ke selatan Denpasar. Pusat Informasi Mangrove, telah dibuka pada tahun 2003, ditujukan bagi studi dan pelestarian kawasan mangrove. Mencakup wilayah sekitar 200 hektar, di kawasan ini terdapat persemaian seluas 7.700 m², jalan kecil yang terbuat dari kayu untuk observasi dan eksplorasi, pondok untuk beristirahat dan meditasi dan dek terapung.

Mangrove memainkan peranan penting dalam lingkaran kehidupan laut dan rantai makanan karena mangrove menyediakan daerah kunci perkembangbiakan bagi makhluk hidup di laut yang sangat penting bagi rantai makanan di laut. Dan jika ada tsunami, mangrove berperan sebagai zona penahan dan pertahanan bagi kehidupan laut.

Waktu terbaik untuk mengunjungi hutan-hutan mangrove ini adalah pada pagi atau di siang hari, saat-saat terbaik untuk menyaksikan berbagai spesies burung yang menjadikan mangrove habitatnya.
  • Pertunjukan Kebudayaan
Di Bali, tari dan drama adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari peribadatan di pura dan perayaan, yang diselenggarakan secara sakral. Setiap desa memiliki tanggal perayaan yang berbeda, dan wisatawan dapat melihat pertunjukan tari di mana-mana.
Desa di Bali menawarkan pertunjukan kebudayaan yang ditujukan bagi wisatawan. Tari Barong diadakan pada pagi hari di desa Batubulan. Ini adalah cerita abadi pertarungan antara kebaikan dan kejahatan.

Tari kecak dipentaskan dengan lebih dramatik di lapangan terbuka di Pura Tanah Lot dengan latar belakang matahari yang perlahan-lahan turun ke laut dari cakrawala di pura indah ini. Tari Kecak menuturkan cerita Ramayana yaitu cerita istri Rama, Sinta yang diculik Rahwana. Di hutan Rama melihat rusa emas dan ia mengejarnya, tapi sebelumnya ia membuat lingkaran di sekeliling Sita dan memperingatinya untuk tidak keluar dari lingkaran tersebut agar tetap aman. Rahwana membujuk Sita untuk keluar dari lingkaran dan menculiknya.  Untuk menyelamatkannya, pangeran Rama dibantu dewa kera putih, Hanoman. Ritme dan musik tari kecak bertumpu pada suara serentak ratusan manusia yang merepresentasikan pasukan Hanoman yang duduk membentuk lingkaran. Saat matahari terbenam dan mulai gelap, arena ini secara dramatis diterangi oleh cahaya obor.

Desa Peliatan  terkenal akan Legong Keraton yang indah dan alat musik gamelan yang fantastis. Tari lain yang menarik adalah Baris – tarian ksatria, dan Tari Topeng – ini adalah pertunjukan solo yang mengekspresikan karakter dan emosi manusia.
  • Berbelanja
Bali adalah pulau yang menghasilkan seniman dan perajin terbaik, dimana kreatifitas mengalir dari setiap desa. Pelukis, pengukir kayu, dan penari adalah ahlinya di sini, dengan tradisi artistik yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Oleh-oleh yang dapat Anda beli di Bali adalah lukisan. Untuk membeli lukisan terbaik, kunjungi galer-galeri di Ubud dan Anda siap mengagumi hasil karya seniman, sebelum Anda memutuskan lukisan mana yang akan dibeli. Lukisan Bali cocok dibingkai dengan kayu berukir. Untuk ukiran kayu yang terbaik, pergilah ke desa Mas tempat master pengukir kayu berkarya. Jika Anda mencari perhiasan emas dan perak, pergilah ke desa Celuk.

Namun, jika Anda berpikir untuk membawa pulang suvenir untuk teman-teman dan kerabat, tempat terbaik adalah pasar Sukowati, dimana Anda akan kewalahan dengan begitu banyaknya pilihan di sina.

Ukiran kayu Bali sangat populer dan Anda dapat menemukannya di Tegallalang, Pujung dan Sebatu. Untuk mendapatkan keramik yang elegan, Jenggala Ceramics di Jimbaran adalah tempat yang harus ditengok. Galeri mereka yang sangat luas, berjarak hanya 10 menit dari bandara, menawarkan berbagai macam desain alat makan dan perlengkapan dapur buatan lokal dengan harga terjangkau.

Jika Anda ingin membeli pakaian kasual dan modis pada hari yang panas, tempatnya ialah di Kuta, dimana terdapat banyak toko dan butik menjual berbagai macam kaos, pakaian berselancar, sandal jepit sampai pernak-pernik unik.

Jika Anda berniat membeli oleh-oleh makanan yang tahan lama, kopi Bali adalah kopi beraroma wangi yang patut dibeli. Anda juga mungkin ingin membeli aromatherapy essential oil untuk dicampurkan dalam bathtub Anda.
  • Spa
Bali saat ini telah menjadi trend setter Spa di Asia Tenggara. Hampir semua hotel mewah menawarkan fasilitas spa yang unik dan berkelas dimana tamu dapat menikmati perawatan mewah dan memanjakan diri.

Di sini Anda akan dimanjakan dengan pijatan aromatherapy, dibalut rempah-rempah, dan scrub dengan essential oil yang hanya dapat dinikmati oleh putri kerajaan, yang dimodifikasi dengan metode teknologi modern. Dua resor spa di Bali menawarkanthalassotherapy yang terbuat dari kekayaan laut yang mengandung mineral dan unsur oligo yang menjadi ramuan untuk memijat dan langsung diserap oleh darah untuk memberikan keseimbangan dalam tubuh.
 
Sejumlah spa berada di tengah pemandangan bukit hijau yang luar biasa indah dan sungai atau pemandangan menghadap ke laut yang memberikan kedamaian dan relaksasi. Setiap spa memiliki keunggulan dan keunikannya masing-masing.

Weekend di Bagus Jati memberikan kesempatan bagi Anda untuk menikmati makanan yang lezat dan sehat, banyak kegiatan untuk memanjakan diri di hutan tropis. Di sini ramuan jamu dibuat untuk memulihkan tubuh, pikiran, dan jiwa, membersihkan tubuh dari semua racun. Yoga secara rutin akan melengkapi perawatan ini.

Comments

Popular posts from this blog

TEMPAT-TEMPAT PEMAKAMAN MANTAN ORANG NO 1 DI KAB. CIANJUR

PERTEMPURAN RAKYAT JAWA BARATPERTEMPURAN BOJONG KOKOSAN SUKABUMI-CIANJUR-BANDUNG)

The Jhon's Cianjur Aquatic Resort