13 TEMPAAT WISATA DI GUNUNG KIDUL DI JOGJA

TEMPAAT WISATA JOGJA DI GUNUNG KIDUL 
Wisata Gunungkidul di Jogjakarta menyimpan keunikan dan daya pikat pada sejumlah landmark dan destinasi yang menawan. Anda dapat mengeksplorasi pesona wisatanya pada beberapa pantai di Gunungkidul, goa, air terjun, hingga suguhan keindahan alam menarik lainnya. Jika Anda mengunjungi Gunungkidul, sesungguhnya ada banyak sekali spot wisata menarik yang dapat ditemukan di sana.
Gunung kidul adalah sebuah kabupaten di Provinsi Daerah IstimewaYogyakarta, memiliki luas wilayah mencapai hingga 46% dari keseluruhan luas provinsi. Bentang alam Gunungkidul terdiri dari dataran tinggi dan bergunung-gunung, didominasi pegunungan karst atau kapur yang membentang hingga ke arah selatan Pulau Jawa, serta terbagi ke dalam tiga topografi wilayah yang ditujukan sebagai zona pengembangan daerah oleh pemerintah lokal.
Zona Selatan di Gunungkidul didominasi oleh bukit kapur yang berbentuk mengerucut dengan ketinggian hingga 300 m dpl. Di zona inilah Anda dapat menjumpai beberapa pantai terkenal di Gunungkidul Jogja. Sementara pada Zona Tengah, Anda dapat menemukan air terjun yang menarik serta sejumlah objek wisata budaya. Daerah yang berada pada zona ini berada pada ketinggian antara 150 – 200 m dpl. Dan terakhir, Zona Utara yang berada pada ketinggian antara 200 – 700 m dpl. Di zona ini, Anda dapat menjumpai beberapa goa menarik yang populer di kalangan penikmat perjalanan.
Sepanjang tahun 2014, potensi wisata Gunungkidul di Jogjakarta mampu menyedot kunjungan wisatawan, baik domestik dan mancanegara hingga mencapai 1,9 juta wisatawan dan memberi kontribusi yang positif terhadap Pendapatan Asli Daerah mencapai hingga Rp 15 miliar. Beberapa objek wisata populer Gunungkidul yang menarik minat wisatawan, di antaranya mulai dari Pantai Baron, Air Terjun Sri Gethuk, hingga Goa Pindul dan Goa Gelatik.

Spot Wisata Gunungkidul Jogja

Ada sejumlah objek wisata Gunungkidul di Jogja yang menarik dan patut Anda kunjungi, baik itu wisata alam hingga pesona pantainya yang memikat.

1. Pantai Indrayanti (Pantai Pulang Sawal)

Inilah salah satu pantai indah di Gunungkidul Jogja dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Pantai Indrayanti, yang oleh pemerintah lokal dinamakan sebagai Pantai Pulang Sawal, adalah sebuah destinasi wisata Gunungkidul yang populer di kalangan wistawan. Salah satu tempat wisata di Jogja ini menyuguhkan Anda panorama laut yang indah dengan dukungan infrastruktur wisata yang memadai. Inilah salah satu objek wisata di Gunungkidul yang sarat akan sentuhan modern, menjadi salah satu pantai romantis di Jogja yang disukai.
Sunset indah di Pantai Indrayanti, Gunungkidul
Sunset indah di Pantai Indrayanti, Gunungkidul
Di sepanjang bibir pantai, Anda dapat menyaksikan deretan restoran yang menyajikan aneka masakan laut hingga es kelapa muda segar. Tidak kalah menarik, ketersediaan unit-unit jet sky dapat Anda sewa jika ingin bermain-main di air laut yang bersih. Beberapa cottage bahkan tersedia di sekitaran pantai bagi Anda yang ingin menghabiskan malam dan menikmati keindahan wisata pantai Indrayanti ini. Untuk dapat masuk kawasan wisata Gunungkidul yang satu ini, Anda harus membayar tiket masuk Pantai Indrayanti sebesar Rp 5 ribu per orang.
Alamat Pantai Indrayanti: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasiklik di sini 
Koordinat GPS: -8.15022,110.612004

2. Pantai Baron

Pantai di Gunungkidul yang satu ini juga menawarkan panorama laut yang indah dan pula disukai wisatawan sebagai salah satu destinasi wisata Gunungkidul bagi mereka yang ingin menyantap aneka kuliner laut yang lezat. Anda dapat mencicipi lobster, ikan kakap, bawal putih, hingga tongkol. Pantai Baron adalah juga dermaga bagi para nelayan, Anda akan menjumpai adanya pelelangan ikan di kawasan pantai ini.
Pantai Baron di Gunungkidul
Pantai Baron di Gunungkidul
Pantai Baron sesungguhnya adalah sebuah teluk dengan keberadaan dua buah bukit yang mengapit pantai tersebut pada sisi kiri dan kanannya. Terdapat pula beberapa hotel yang dekat dengan pantai Baron dan dapat Anda pilih sebagai tempat menginap.
Alamat Pantai Baron: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasiklik di sini 
Koordinat GPS: -8.1289445,110.5486619

3. Pantai Siung

Objek wisata Gunungkidul yang satu ini terkenal dengan arena panjat tebingnya dengan ketersediaan 250 jalur pemanjatan yang masing-masing memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Pantai Siung memiliki hamparan pasir yang putih, dikenal dengan batu karangnya yang berukuran raksasa. Para penggemar olah raga panjat tebing tentu saja akrab dengan pantai ini. Sejumlah event panjat tebing skala nasional dan internasional pernah digelar di tempat wisata Gunungkidul yang satu ini.
Pantai Siung Gunungkidul
Pantai Siung Gunungkidul
Tetapi, untuk dapat sampai ke pantai di Jogja yang satu ini, Anda harus menempuh medan perjalanan yang cukup menantang. Cara paling populer untuk dapat tiba di pantai Siung adalah dengan mengendarai motor atau mobil, sebab cukup sukar menemukan angkutan umum yang dapat mengantarkan Anda ke sana.
Alamat Pantai Siung: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasiklik di sini
Koordinat GPS: -8.181754,110.68312

4. Pantai Jogan

Salah satu pesona pantai Gunungkidul yang satu ini adalah adanya air terjun yang aliran airnya langsung jatuh ke bibir laut Jogan. Air terjun setinggi 10 meter ini memiliki sumber air yang berawal dari perbukitan karst yang ada di kawasan pantai Jogan. Tempat wisata Gunungkidul yang satu ini memang memiliki bentang alam yang unik, dikelilingi tebing-tebing tinggi khas pegunungan kapur.
Pantai Jogan di Gunungkidul
Pantai Jogan di Gunungkidul
Selain menimati panorama pantai Jogan yang indah, di tempat ini Anda dapat mencoba untuk merasakan guyuran air terjun tersebut. Namun, diperlukan kehatian-hatian ekstra untuk dapat menyusuri turunan licin dan curam agar sampai ke bagian bawah air terjun tersebut. Anda hanya perlu membayar tiket masuk pantai Jogan sebesar Rp 3 ribu per orang untuk dapat mengeksplorasi keunikan wisata Gunungkidul yang satu ini.
Alamat Pantai Jogan: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasiklik di sini 
Koordinat GPS: -8.1800747,110.6763631

5. Pantai Pok Tunggal

Pantai Gunungkidul yang satu ini terkenal dengan pemandangan pohon duras yang tumbuh di area sebelum memasuki pantai. Pantai Pok Tunggal menawarkan keindahan hamparan pasir putih dan barisan tebing tegak lurus dengan ketinggian tebing mencapai 40 m hingga 60 m.
Pantai Pok Tunggal di Gunungkidul
Pantai Pok Tunggal di Gunungkidul
Spot wisata Gunungkidul ini memiliki ombak laut yang tenang serta Anda juga dapat menjumapi sumber mata air tawar yang mengalir melalui aliran sungai bawah tanah di pantai ini. Jika Anda beruntung, Anda dapat menyaksikan kawanan monyet liar yang melompat di balik tebing pada arah timur pantai. Cara terbaik menikmati objek wisata Gunungkidul yang satu ini adalah dengan berkemah serta menikmati sunset menawan di kawasan pantai ini. Anda hanya perlu membayar tiket masuk Pantai Pok Tunggal sebesar Rp 2 ribu per orang.
Alamat Pantai Pok Tunggal: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasiklik di sini 
Koordinat GPS: -8.155144,110.621334

6. Pantai Sundak

Pantai Sundak di Gunungkidul
Pantai Sundak di Gunungkidul
Salah satu pantai di Gunungkidul dengan panorama yang menawan adalah Pantai Sundak. Terletak di Desa Sidoharjo, pantai ini memiliki hamparan pasir putih dengan ombak laut yang cukup besar dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Gunungkidul. Pada sisi kanan dan kiri pantai ini terdapat bebatuan karang besar yang menjadi pemisah antara pantai Sundak dengan pantai lainnya. Cara terbaik menikmati pesona pantai Sundak adalah dengan berkemah, menikmati malam sembari memanggang ikan bersama dengan para sahabat.
Alamat Pantai Sundak: Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasiklik di sini 
Koordinat GPS: -8.147034,110.607889

7. Pantai Krakal

Inilah pantai dengan garis pantai terpanjang di Gunungkidul. Salah satu objek wisata Gunungkidul ini menyuguhkan Anda pesona keindahan pantai yang menawan. Seperti pantai lainnya, Pantai Krakal memiliki pula hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Dan pada periode awal bulan, Anda dapat menyaksikan aneka ikan hias yang muncul di sekitar pantai ini.
Pantai Krakal di Gunungkidul
Pantai Krakal di Gunungkidul
Jika Anda ingin menginap, terdapat sebuah hotel di kawasan pantai ini yang dapat Anda singgahi. Jangan khawatir soal makanan, Anda dapat menjumpai berbagai tempat makan di kawasan pantai Krakal.
Alamat Pantai Kukup: Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasiklik di sini 
Koordinat GPS: -8.145316,110.599048

8. Air Terjun Sri Gethuk

Inilah salah satu keindahan alam Gunungkidul yang dapat Anda temukan. Air Terjun Sri Gethuk menyuguhkan Anda pemandangan aliran air diantara tebing berketinggian hingga 50 m. Untuk dapat tiba di air terjun ini, Anda harus melewati jalanan setapak di pematang sawah sejauh kira-kira setengah kilometer, lalu dilanjutkan menuruni 96 anak tangga.
Air Terjun Sri Gethuk di Gunungkidul
Air Terjun Sri Gethuk di Gunungkidul
Untuk dapat masuk kawasan wisata Gunungkidul yang satu ini, Anda harus membayar tiket masuk Air Terjun Sri Gethuk sebesar Rp 3 ribu per orang. Jika Anda ingin lebih cepat dan mudah untuk dapat sampai di lokasi air terjun, Anda dapat menyewa perahu tradisional (gethek) sebesar Rp 5 ribu per orang.
Alamat Air Terjun Sri Gethuk: Bleberan, Playen, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasiklik di sini 
Koordinat GPS: -7.945583,110.487962

9. Goa Gelatik

Di Goa Gelatik, Anda dapat menjumpai kumpulan stalaktit dan stalakmit yang tersusun indah. Goa ini masih terjaga keasliannya, memiliki panjang sejauh 400 meter. Jika Anda bermaksud menelusuri goa ini, disarankan untuk membawa peralatan keamanan yang diperlukan. Pula, gua ini sedikit lebih rendah sehingga saat memasukinya, Anda harus menundukkan kepala. Juga agar berhati-hati karena goa ini adalah pula tempat tinggal kelelawar yang hidup di dalamnya.
Goa Gelatik di Gunungkidul
Goa Gelatik di Gunungkidul
Alamat Goa Gelatik: Desa Bejiharjo, Karangmojo, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasiklik di sini 
Koordinat GPS: -7.926167,110.646465

10. Gua Seropan

Objek wisata Gunungkidul yang satu ini sering dijadikan sebagai lokasi untuk kegiatan penyusuran gua (caving) dan panjang tebing (rock climbing). Para pecinta alam dan penyuka kegiatan olahraga di alam bebas yang cukup ekstrim, Gua Seropan adalah salah satu yang favorit. Menaklukkan tebing-tebing karst adalah sebuah hal yang berkesan. Begitu pula dengan keindahan paduan ornamen stalaktit dan stalagmit yang ada di dalamnya. Aliran sungau di bawah tanah semakin menambah pesona goa ini bagi para penikmat alam.
Air terjun di Gua Seropan
Air terjun di Gua Seropan
Alamat Gua Seropan: Desa Semuluh, Kecamatan Semanu, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasiklik di sini 
Koordinat GPS: -8.0160130,110.6827930

11. Gua Jomblang

Goa Jomblang memiliki pesona wisata goa yang terkenal dengan sebutan “Cahaya Surgawi”. Dalam kegiatan caving di goa ini, Anda akan menemukan sebuah lorong alami yang merupakan penghubung antara Goa Jomblang dan Goa Grubug.
Di titik inilah Anda dapat menyaksikan stalagmit hijau kecokelatan dan sinar matahari yang menembus kegelapan dalam goa, menghadirkan sebuah pemandangan memukau yang menerangi stalaktit dan stalagmit, membuat permukaan lantai gua menjadi begitu indah. Pemandangan menawan inilah yang bagi sebagian orang dinamakan sebagai “Cahaya Surgawi”.
Gua Jomblang di Gunungkidul
Gua Jomblang di Gunungkidul
Alamat Gua Jomblang: Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasiklik di sini 
Koordinat GPS: -8.02868,110.638306

12. Gunung Nglanggeran

Di puncak gunung api purba ini, Anda dapat menemukan pesona sunset dan sunrise yang memikat. Tak kurang pula, di malam hari Anda dapat menyaksikan gemerlap indah kota Jogja dari ketinggian. Gunung Nglanggeran berbentuk seperti sebuah bongkahan batu raksasa. Anda hanya memerlukan waktu pendakian selama 1,5 jam saja untuk dapat tiba di puncak bagian barat gunung ini. Tetapi pada puncak bagian timur, Anda dapat mengendarai motor untuk dapat sampai ke atasnya.
Gunung Nglanggeran di Gunungkidul
Gunung Nglanggeran di Gunungkidul
Alamat Gunung Nglanggeran: Desa Ngalanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasiklik di sini 
Koordinat GPS: -7.842523,110.541095

13. Cave Tubing Kalisuci

Inilah kegiatan menyusuri aliran sungai yang mengalir di dalam gua menggunakan ban dalam. Cave Tubing Kalisuci menyuguhkan Anda pengalaman wisata alam yang berkesan, melewati aliran air dalam perut bumi selama sekitar 1 jam, melewati hingga tiga buah goa dengan langit-langit yang tinggi. Inilah kegiatan susur sungai tertutup yang pertama di Indonesia. Selain itu, di Jogja masih ada tempat cave tubing lainnya, yakni di Goa Pindul.
Cave Tubing Kalisuci
Cave Tubing Kalisuci
Alamat Cave Tubing Kalisuci: Kec. Semanu, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasiklik di sini 
Koordinat GPS: -8.010044,110.638724

Hotel di Area Wisata Gunungkidul

Destinasi wisata Gunungkidul adalah salah satu yang populer di Jogja saat ini. Ramainya kunjungan wisatawan ke daerah tersebut menunjukkan pesonanya yang sungguh memikat. Akan menjadi sangat mudah untuk mendapati tempat menginap di Gunungkidul sebagaimana di berbagai lokasi hotel di Jogja lainnya, mulai dari hotel, cottage, hingga guesthouse dan homestay.
Untuk mendapatkan penginapan, mungkin Anda harus melakukan booking sebelumnya untuk mendapatkan kamar kosong, terutama di saat musim libur. Anda dapat menghubungi pihak hotel di sana atau mencari penginapan di Gunungkidul secara online. Salah satu booking online yang populer di kalangan penikmat perjalanan adalah AGODA.

Rute Perjalanan ke Gunungkidul

Kawasan wisata Gunungkidul di Jogja dapat ditempuh dengan menggunakan sarana transportasi umum. Selain itu, tentu saja Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat. Secara umum, infrastruktur transportasi tersedia dengan baik. Dengan demikian, mengunjungi berbagai objek wisata Gunungkidul akan menjadi sangat mudah.

Comments

Popular posts from this blog

TEMPAT-TEMPAT PEMAKAMAN MANTAN ORANG NO 1 DI KAB. CIANJUR

PERTEMPURAN RAKYAT JAWA BARATPERTEMPURAN BOJONG KOKOSAN SUKABUMI-CIANJUR-BANDUNG)

The Jhon's Cianjur Aquatic Resort