Skip to main content

WISATA ALAM UJUNG GENTENG

4 Tempat Wisata yang Wajib dikunjungi di Pulau Ujung Genteng

Indonesia memiliki beribu-ribu pulau yang kaya akan potensi wisatanya. Pulau Ujung Genteng terletak paling “ujung”, bagian Selatan kota Sukabumi, Jawa Barat ini memiliki keindahan alam yang mampu membuat para pengunjungnya terpesona. Untuk menuju Sukabumi, dibutuhkan waktu sekitar 7-8 jam dari Jakarta menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan untuk menuju Pulau Ujung Genteng dari Sukabumi sendiri bisa ditempuh hanya sekitar 3-4 jam perjalanan bermobil.
Ini dia 4 tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di Pulau Ujung Genteng:
1. Pantai Pangumbahan
Pantai Pangumbahan menjadi tempat wisata yang paling diminati karena di sana pengunjung dapat menyaksikan peristiwa langka yaitu melihat secara langsung penyu hijau (Chelonia Mydas) bertelur di malam hari. Penyu jenis ini dapat berkembang sampai mencapai 1 meter dengan bobot sampai 200 kilogram serta hidup sampai lebih dari 100 tahun. Anda juga dapat melepas tukik-tukik ke lepas pantai pada musim bertelur penyu yaitu antara bulan Agustus sampai dengan Maret. Anda juga bisa menikmati matahari terbenam yang tidak kalah indah di sore hari.
2. Ombak Tujuh
Tujuh bisa ditempuh dengan perjalanan kaki selama 3-4 jam atau menggunakan ojek dari Pantai Pangumbahan. Lokasi wisata ini merupakan kawasan favorit bagi para wisatawan asing maupun lokal yang gemar berselancar. Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjugi pulau-pulau kecil yang terdapat disekitar Ombak Tujuh.  Namun, para wisatawan perlu lebih berhati-hati ketika hujan karena medan yang berat dan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.
3. Tanah Lot Amanda Ratu
Tanah Lot Amanda Ratu disebut-sebut sebagai Tanah Lot-nya Sukabumi. Tidak kalah dengan Tanah Lot Bali, Anda dapat menikmati hamparan pasir luas serta pemandangan indah berupa laut biru ditambah dengan  adanya bukit kecil yang berada di tengah-tengah laut tersebut.
4. Air Terjun Cikaso
Air Terjun Cikaso memiliki 3 buah air terjun. Untuk mencapai lokasi wisata tersebut, Anda harus mengunakan perahu yang dikelola oleh penduduk setempat. Anda juga akan mendapatkan kesegaran dari suara tetesan air terjun serta udara yang sejuk.
Pengunjung juga tidak perlu khawatir untuk mencari tempat penginapan karena Pulau Ujung Genteng menyediakan penginapan berupa vila dan hotel dengan harga yang terjangkau. Dengan kisaran harga dimulai dari  Rp 150.000 – Rp 200.000 per malam.

gambar oleh Alvin Hartawan
Pemandangan sunset dari Hotel Turtle, Ujung Genteng
gambar oleh Alvin Hartawan
Pantai dan laut yang bersih dan hamparan pasir putih
gambar oleh Alvin Hartawan
Ombak 7

Comments

Popular posts from this blog

TEMPAT-TEMPAT PEMAKAMAN MANTAN ORANG NO 1 DI KAB. CIANJUR

PERTEMPURAN RAKYAT JAWA BARATPERTEMPURAN BOJONG KOKOSAN SUKABUMI-CIANJUR-BANDUNG)

The Jhon's Cianjur Aquatic Resort